Rabu, 28 Desember 2016

6 CARA MENGATUR WAKTU DENGAN EFEKTIF

Setiap manusia mempunyai waktu yang sama yaitu selama 24 jam. Tak dapat dipungkiri bahwa setiap manusia pun memiliki kesibukan masing-masing. Manusia yang sukses adalah manusia yang bisa mengatur waktu hidupnya seefisien mungkin. Apakah kamu sudah memanfaatkan setiap detik yang kamu punya? Berikut beberapa cara mengatur waktu dengan efektif dan efisien;

1. Menentukan Skala Prioritas

Bagi aktivitas kamu ke dalam 4 bagian. Aktivitas (A) untuk kegiatan yang sangat penting dan jangan sampai di tunda-tunda seperti Kuliah dan Kerja. Aktivitas (B) untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya penting tetapi tidak mendesak, seperti menulis. Aktivitas (C) untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya tidak penting tapi mendesak. Menonton bola adalah kegiatan yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi mendesak, mengingat jadwalnya yang hanya seminggu sekali. Aktivitas (D) untuk kegiatan-kegiatan yang tidak penting dan juga tidak mendesak. Bermain game adalah salah satu contoh kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak. Lakukanlah kegiatan kamu sesuai dengan skala prioritas karena pada dasarnya setiap manusia itu mempunyai skala prioritas waktu yang yang berbeda-beda.

2. Buat Jadwal Kegiatan

Untuk lebih efektif dan efisien, buatlah jadwal kegiatan. Baik itu jadwal kegiatan bulanan, mingguan apalagi harian. Hal ini bertujuan agar kamu tahu apa yang harus dilakukan dan mana kegiatan yang harus didahulukan. buatlah jadwal kegiatan dari bangun tidur hingga tidur kembali dan catatlah di ponsel kamu atau catatan kamu.

3. Disiplin

Bersikaplah disiplin dan tegas pada diri kamu sendiri.setiap pekerjaan lakukan dengan segera tanpa harus menunda-nuda karena hal itu akan menbuat pekerjaan semakin menumpuk dan rasa malaspun akan menghantui. maka dari itu, bersegeralah melakukan tugas agar tepat waktu yang dapat melatih kedisiplinan kita.

4. Realistis

jangan terlalu menargetkan sesuatu yang padahal energi, dan pikiran kita sangat terbatas. lakukan dengan sederhana karena hidup itu sangat sederhana. lakukanlah kegiatan dari hal yang terkecil karena dapat melatih melakukan kegiatan hal yang terbesar.

5. Kombinasi Kegiatan

harus dapat memanfaatkan waktu dengan seefisien mungkin dengan mengkombinasikan dua buah kegiatan dalam satu waktu akan tetapi jangan dilakukan bila satu kegiatan diganggu dapat membahayakan diri sendiri contohnya pada saat berkendara akan tetapi sedang mengangkat telefon.

6. Temukan Delegasi

Untuk kegiatan-kegiatan yang prioritasnya bersifat (C) atau (D), dapat Anda delegasikan kepada sekertaris, wali atau teman Anda. Hal itu dilakukan jika Anda benar-benar tidak punya cukup waktu lagi untuk melakukannya. Carilah delegasi yang handal dan terpercaya.

Referensi : segiempat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar